Kamis, 09 Mei 2013

Cara Membuat Kesimpulan Makalah/Skripsi (Format dan Contoh Kesimpulan Makalah)

Cara Membuat Kesimpulan Makalah/Skripsi (Format dan Contoh Kesimpulan Makalah) mudah sekali sebenarnya asal tau apa saja yang harus dikandung / terdapat dalam sebuah kesimpulan makalah. Dalam sebuah kesimpulan biasanya dibentul dalam poin-poin yang kemudian di bawahnya ditambahkan juga saran dari penulis. Biasanya antar satu sekolah dengan sekolah lain dan antara satu kampus dengan kampus lain memiliki format penulisan yang berbeda-beda, tapi sekalipun demikian tetap ada format baku yang bisa sama pada semua isntansi.

Defenisi atau apa pengertian makalah menurut Wikipedia saya kira perlu diketahui agar tujuan penulisan karya ilmiah dapat dicapai dengan mengetahui ilmu dasar di dalamnya. Makalah adalah suatu bentuk karya ilmiah yang sengaja dibuat untuk disajikan sebagai bahan presentasi siswa atau mahasiswa di depan kelas, baik secara perorangan maupun berkelompok. Antara makalah dan skripsi memiliki beberapa perbedaan,  pada skripsi umumnya jumlah halamannya lebih banyak dan dihasilkan dari penelitian lapangan maupun pustaka, sedang makalah jumlah halamannnya lebih sedikit dan umumnya dihasilkan dari kajian pustaka singkat dengan tambahan beberapa referensi dan teori dari pakar.
Cara Membuat Kesimpulan Makalah Skripsi
kesimpulan makalah

Format dalam Cara Membuat Kesimpulan Makalah/Skripsi

Dalam membuat makalah ada beberapa unsur yang harus masuk di dalamnya agar sesuai dengan standar umum pembuatan makalah, yaitu :
  1. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang mana bentukanya dapat berupa implikasi (kesimpulan berdasar data) dan dapat juga berupa inferensi (kesimpulan berdasar referensi)
  2. Isi dalam kesimpulan sebaiknya mengandung saran-saran yang ditujukan kepada pembaca
  3. Kesimpulan makalah sebaiknya dibuat dengan menggambarkan secara singkat isi dari karya ilmiah yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Dalam membuat kesimpulan karya tulis ilmiah, hindari menyimpulkan materi yang tidak dibahas dalam pembahasan makalah.  
Contoh Kesimpulan Makalah/Skripsi

KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan dalam makalah ini menyangkut soal �Disiplin Penulisan Karya Ilmiah� maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
  • Setiap instansi memiliki standar tersendiri dalam penulisan karya ilmiah. Namun, dalam beberapa hal memiliki kesamaan, seperti unsur=unsur yang dikandung dalam sebuah karya ilmiah dan metode penyajiannya.
  • Dalam menciptakan sebuah karya ilmiah yang berkualitas, maka setiap penulis sebaiknya melengkapi jumlah referensi dan kualitas referensinya yang memadai.
4.2  Saran-Saran
Untuk menghasilkan penyajian karya ilmiah yang lebih berkualitas dan dapat mengikuti standar yang telah ditetapkan, maka perlu kiranya penulis memberikan saran sebagai berikut :
  • Perlunya dibuat buku panduan penulisan karya ilmiah oleh setiap instansi, sekolah maupun kampus agar setiap siswa atau mahasiswa memahami aturan bakunya.
  • Perlu kiranya dilakukan pembahasan secara berkala oleh segenap pakar soal pembaharuan format penulisan untuk lebih menyempurnakan formatnya.
Bagaimana Cara Membuat Kesimpulan Makalah/Skripsi (Format dan Contoh Kesimpulan Makalah) yang anda baca saat ini? Apakah sudah baik dan benar? Kalau iya dan suka dengan artikel ini, jangan lupa dishare ke teman-teman facebookmu agar mudah ditemukan orang banyak dan memberi manfaat pada semua yang membutuhkannya.

Baca juga cara membuat di bawah:
  1. Contoh Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar
  2. Cara Membuat Makalah (Cover, Pendahuluan, Daftar Isi, Halaman, Kesimpulan)
  3. Cara Membuat Cover Makalah  / Sampul Makalah
  4. Cara Membuat Daftar Isi Makalah
  5. Cara Membuat Pendahuluan Makalah
  6. Cara Membuat Nomor Halaman Makalah
  7. Cara Membuat Kesimpulan Makalah
  8. Cara membuat Anak Perempuan
  9. Cara Membuat BMT 
  10. Cara Membuat Cake Ulang Tahun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar