Rabu, 01 Mei 2013

Cara Membuat Roti Kukus (Aroma Pandan+)

Cara Membuat Roti Kukus (Aroma Pandan+) sederhana tapi mengembang sempurna dan tidak berair ada rahasianya. Dengan penggunaan bahan yang pas dan proses bikin yang sesuai dengan resep sebenarnya akan menghasilkan roti kukus yang bisa menyamai produk toko kue pada umumnya. Dan mungkin bila anda ingin menangkap peluang bisnis dalam resep ini saya kira bukan tidak mungkin anda juga bisa berhasil. Karena prospek penjualan kue saat ini, khususnya aneka roti, sudah sangat menggiurkan. Apalagi kalau bisa dipasarkan lewat toko online, tentunya pelanggannya bisa berdatangan dari berbagai kalangan.

Banyak sekali yang perlu kita ketahui setiap kali ingin membuat sesuatu, apalagi dalam pembuatan roti kukus, khususnya mengenai apa pengertian roti kukus menurut Wikipedia dan para pakar kuliner kue di Indonesia. Roti kukus sendiri adalah salah satu jenis roti basah yang dimasak dengan cara menggunakan dandan dan tidak dengan dipanggang menggunakan oven. Soal bahan, hampir sama dengan jenis roti lainnya, hanya saja dalam pengolahannya sedikit ada perbedaan dalam prosesnya untuk menyesuaikan dengan cara memasaknya yang mengandalkan uap dari air dalam dandan yang tertutup.

Bahan Biang untuk Roti Kukus:
  • 185-gr terigu berprotein rendah
  • 120-gr air putih bersih
  • 15-gr gula putih halus
  • 6-gr atau secukupnya ragi sachet-an
    Cara Membuat Roti Kukus (Aroma Pandan+)
    cara bikin roti kukus
Bahan Utama dalam Cara Membuat Roti Kukus (Untuk hasil 21 buah)
  • 180-gr terigu berprotein rendah
  • 1 sdt baking powder
  • 75-gr gula putih halus
  • 75-ml air bersih
  • 20-gr mentega berwarna putih
  • 1/4 sdt garam dapur
  • 1/2 sdt cokelat pasta
  • 1/4 sdt pandan pasta
  • 1 sdm wijen yang telah sangria sebagai taburannya
Proses Cara Membuat Roti Kukus (Aroma Pandan+)
  1. Untuk bikin biangnya, aduk bahan hingga rata berupa terigu, gula halus, dan ragi sachet. Tambahkan air bersih lalu uleni bahan roti hingga kalis betul dan diamkan selama kurang lebih satu jam lamanya.
  2. Aduk dan uleni hingga rata terigu bersama gula halus dan baking powder. Masukkan biangnya dan uleni lagi hingga rata. Lalu masukkan air bersih dan uleni lagi hingga kalis betul.
  3. Masukkan garam dan mentega putih dan uleni hingga adonan elastis. Pisahkan di tempat berbeda jadi 2 bagian. Bagian pertama campur dengan pasta coklat dan bagian kedua campur dengan pasta pandan. Diamkan selama sepuluh menit.
  4. Bentuk roti yang akan dikukus sesuai selera, tapi kalau mau mudah tinggal bentuk bulat saja dan diamkan selama kira-kira 10 menit. Setelah itu padukan antara bulatan adonan roti coklat dan pandan dan bentuk melilit agar ada variasi warnanya.
  5. Jika telah dibentuk, didiamkan, kemudian dililit seperti langkah di atas, selanjutnya letakkan diatas wadah atau daun yang telah dibentuk seperti alas bakpao dan taburi wijen di atasnya. Selanjutnya diamkan lagi selama kurang lebih setengah jam.
  6. Dan setelah mengembang lagi, mulailah kukus di atas api yang tidak terlalu besar dengan dandan yang telah dipansakan hingga airnya mendidih terlebih dahulu agar matangnya sempurna. 
  7. Kukus selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang. Dan roti siap diangakat dan dihidangkan.
Tips sukses bikin roti kukus : Untuk rasa dan aroma pandan lebih alami ada baiknya gunakan daun panda asli yang diparut dan diperas untuk mengambil air sari pandannya. Dan selain itu jika ingin tidak repot dalam membentuk adonannya, ada baiknya gunakan saja loyang kecil berukuran 10 x 20 cm atau seperti ukuran loyang roti tawar.

Bagaimana Cara Membuat Roti Kukus (Aroma Pandan+) yang anda baca pada artikel ini? Kalau menarik dan mudah tentu iya. Hanya saja dalam prakteknya, resep ini harus diterapkan dengan baik karena terkadang kalau baru belajar kita biasa salah memahami panduan atau tutorialnya sehingga hasilnya tidak persis sama yang dibuat resep ini. Untuk itu, perbanyak saja latihan dan konsultasi dengan teman anda. Dan kalau mau menambah resep roti lainnya ada baiknya membaca artikel-artikel di bawah ini.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Roti Coklat Isi Kacang Tanah
  2. Cara Membuat Roti Tawar (Mirip Bread Talk) 
  3. Cara Membuat Roti Bakar Untuk Sarapan Pagi
  4. Cara Membuat Roti Bakar Sederhana
  5. Cara Membuat Roti Goreng Gurih Manis
  6. Cara Membuat Roti Kukus Pandan Alami
  7. Cara Membuat Kue Kering Keju, Coklat, Kacang, Lebaran
  8. Cara Membuat Kue Nastar Keju dan Nanas
  9. Cara Membuat Cake Brownies
  10. Cara Membuat Pancake
  11. Cara Membuat Aneka Puding
  12. Cara Membuat Donat Empuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar