Jumat, 10 Mei 2013

Cara Membuat Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng)

Cara Membuat Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng) sendiri baik dengan menggunakan mesin atau tanpa mesin tidaklah sulit alias mudah. Tak masalah mau dikomsumsi sendiri atau untuk bisnis es krim tak menjadi masalah karena hasilnya tetap akan sama seperti yang dijual oleh merek ice cream terkenal, misalnya ice cream  walls, campina, magnum, diamond atau pun surabaya yang sifatnya lokal. Saat ini banyak sekali kreasi ice cream/es krim di pasaran, mulai dari yang menggunakan stik, dibikin seperti rujak, baltic, hingga yang digoreng seperti resep ini.

Cara Membuat Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng)
Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng)
Ada baiknya sebelum kita mulai praktek resep Cara Membuat Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng) di bawah ini, kita belajar dulu defenisi, sejarah dan apa pengertian ice cream menurut Wikipedia dan pakar lainnya.  Ice Cream / Es krim awalnya ditemukan pada abad ke 4 oleh Raja Nero. Waktu itu sang  sang Raja dari bangsa Romawi menyuruh pelayannya mengambil Es di pegunugan dan ditambahkan hiasan buah - buahan di atas es tersebut. Akan tetapi, Ice Cream dengan denan rasa dan aroma yang sering dilihat saat ini pertama kali ditemukan oleh Raja Tang dari Dinasti Shang. Pada saat itu kaisar Kaisar Tang meminta es yang turun dari salju agar ditambahkan tepung, susu sapi dan bubuk kapur barus pada ice tersebut. Akhirnya es tersebut dikenalkan di kalangan kerajaan dan menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga saat ini. Adapun pengertiannya, Es krim adalah sebuah makanan beku dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. Tradisionalnya, suhu dikurangi dengan menaruh campuran es krim ke sebuah wadah dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam. Garam membuat air cair dapat berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es tersebut.

Bahan  dalam Membuat Ice Cream

  • Roti tawar atau kue sponge yang tebalnya kira-kira 1 cm atau seadanya yang berfungsi sebagai pembungkus es krim
  • 1 kemasan ice cream strawbery
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 50 gr tepung roti
  • 1 btr telur, yang dikocok lepas
  • Sauce strowberi atau coklat sebagai pelengkapnya
Langkah dan Proses Cara Membuat Ice Cream Goreng
  1. Sediakan roti tawar dengan cara diletakkan di atas tangan terlebih dahulu
  2. Ambil es krim 1 scope dan letakkan di atas roti tawar tadi kemudian bungkus menjadi bulat seperti bola hingga semua tertutup dengan roti tersebut.
  3. Kemudian celupkan semua sisi bulatan ice cream yang telah terbungkus dengan roti tawar tadi ke dalam mangkuk yang berisi tepung, lalu ke dalam kocokan telur dan terakhir guling-gulingkan dalam tepung roti hingga semua sisinya yang telah terkena telur tertutup rapi.
  4. Selanjutnya masukkan dalam freezer hingga beku.
  5. Lalu goreng ice cream yang masih dingin dan beku di atas minyak panas hingga kuning keemasan. Lalu tiriskan.
  6. Terakhir, belah bola eskrim goreng menjadi dua kemudian hiasi dengan tuangan saus coklat atau strowberi sebagai hiasannya.
Bagaimana cara membuat ice cream goreng / es krim goreng yang anda baca? Jika belum paham, silahkan baca berulang-ulang sebelum dipraktekkan resepnya agar hasil dan kesimpulan yang diinginkan bisa dicapai dan sesuai dengan yang dijual seperti campin, wallas, dan magnum. Jadi jenis es krim ini sebenarnya hasil kreasi bukan dengan membuat yang baru dari awal, tapi bila ingin belajar tutorial cara buatnya dari awal di rumah sendiri, silahkan baca artikel selanjutnya di bawah ini.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng)
  2. Cara Membuat Ice Cream Sederhana (Es Krim Coklat)
  3. Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)
  4. Cara Membuat Ice Cream Sendiri Tanpa Kursus
  5. Cara Membuat Ice Cream Vanilla (Es Krim Vanila)
  6. Cara Membuat Ice Cream Ubi Talas Sendiri
  7. Cara Membuat Ice Cream Walls-Magnum
  8. Cara Membuat Ice Cream Campina (Es Krim Campina)
  9. Cara Membuat Cake Brownies
  10. Cara Membuat Kue Kering Coklat DLL
  11. Cara Membuat Roti Goreng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar