Minggu, 12 Mei 2013

Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)

Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat) yang sederhana tapi enak dan dibuat sendiri tanpa mesin pembuat es krim mungkin belum kepikiran oleh kita apakah kita bisa membuatnya. Padahal untuk mempraktekkan resepnya sangatlah mudah dan bahkan rasanya bisa sama dengan yang dijual oleh pembuat ice cream terkenal seperti Walls, Campina, Magnum, Conelo atau pun yang khas dari surabaya. Rahasianya tentu tergantung dari bahan yang digunakan dan cara serta proses pengolahan atau pembuatannya mulai dari penyiapan bahan hingga pendinginan adonan es krim dalam freezer.
Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)
buat ice cream - es krim

Dalam dunia kuliner maupun bisnis makanan orang-orang masih banyak yang belum mengenal sejarah ice cream serta defenisinya. Kita terkadang hanya tahu merek pembuatnya tanpa peduli asal usul dan dari daerah mana makanan tersebut mulai dibikin. Ice Cream sendiri ialah makanan beku yang berbahan utama cream, yang dicampur dengan aneka rasa dan gula. Adonan es ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk menghindari pembentukan kristal es. Adapun sejarahnya, Es krim pertama kali dibuat pada abad ke empat oleh Raja Nero. Pada waktu itu sang  Raja dari Romawi meminta pelayannya untuk mengambil Es di pegunugan bersalju dan memberikan buah di atasnya yang sekaligus sebagai perasanya. Akan tetapi, pembuatan es krim yang sebenarnya pertama kali dibuat oleh Raja Tang dari Dinasti Shang. Kala itu sang Raja meminta pelayannya menambahkan susu sapi, tepung, dan bubuk kapur salju yang turun. Dan pada saat itulah mulai diperkenalkan di kalangan Istana hingga yang kita rasakan saat ini.

Bahan dalam Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)
(Untuk hasil 5-6 org)
  • 250-ml krim
  • 500-ml susu segar atau pakai suus UHT
  • 150-gram gula pasir kasar
  • 200-ml susu coklat kental
  • 90-gram cokelat bubuk
  • 1 sdt garam dapur halus
  • 5- butir kuning telur, kocok hingga berbusa lembut
Langkah-Langkah dan Proses Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)
  1. Sediakan panci dan pengaduk kayu lalu masak susu bersama krim, gula, susu kental cokelat dengan menggunakan api sedang hingga mendidih.
  2. Selanjutnya larutkan coklat bubuk bersama adonan susu panas tersebut secukupnya saja.
  3. Kemudian kuning telur yang telah dikocok lembut ditambahkan hasil adukan susu panas sambil terus diaaduk.
  4. Kemudian tambahkan larutan cokelat dan garam,
  5. Apabila sudah tercampur rata, dinginkan hingga dingin sempurna kemudian tuang dalam wadah dan masukkan dalam freezer selama 2-3 jam saja.
  6. Setelah membeku sebagian saja, kemudian kocok dengan mixer hingga lembut, kemudian masukkan lagi dalam freezer hingga membeku seluruhnya. Lakukan proses pengadukan dengan mixer dan juga pembekuan dalam freezer hingga 2 sampai 3 kali agar hasilnya lebih lembut.
  7. Sajikan dengan tambahan astor, wafer ataupun dengan kue bolu sebagai kreasinya. Dan jangan lupa siram dengan susu atau pasta strawberi dengan berbentuk garis-garis di atasnya untuk menambah kesan enaknya.
Tips pembuatan ice cream : Untuk mendapatkah hasil bikin yang lebih lembut seperti es krim yang bermerek, maka lakukan proses pengadukan dengan mixer dan juga pembekuan dalam freezer hingga 2 sampai 3 kali agar hasilnya lebih lembut.

Bagaimana Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)? Jika suka dengan artikel ini jangan lupa bagikan ke teman-teman facebookmu dengan cara copy link alamat artikel ini dan paste di update statusmu. Semoga dengan cara demikian artikel dan tutorial ini bisa ditemukan dan dibaca banyak orang, dan tentunya memberi manfaat pada siapa saja yang membacanya. Usahakan untuk selalu membuat kreasi dan varian es krim baru, seperti dengan menggunakan bahan ubi, talas, durian, strawbery, pisang, dan jenis buah lainnya. Ada juga saat ini yang menyajikan ice cream dalam bentuk rujak dan sandwich sebagai variasi baru.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Ice Cream Goreng (Es Krim Goreng)
  2. Cara Membuat Ice Cream Sederhana (Es Krim Coklat)
  3. Cara Membuat Ice Cream Coklat (Es Krim Coklat)
  4. Cara Membuat Ice Cream Sendiri Tanpa Kursus
  5. Cara Membuat Ice Cream Vanilla (Es Krim Vanila)
  6. Cara Membuat Ice Cream Ubi Talas Sendiri
  7. Cara Membuat Ice Cream Walls-Magnum
  8. Cara Membuat Ice Cream Campina (Es Krim Campina)
  9. Cara Membuat Cake Brownies
  10. Cara Membuat Kue Kering Coklat DLL
  11. Cara Membuat Roti Goreng

1 komentar:

  1. Gan/sis kalau pakai mesin pembuat es krim itu bisa leih lembut gak ya gan tekstur es krimnya :o Terimakasih infonya, nanti saya coba dirumah :D

    BalasHapus