Kamis, 27 Desember 2012

Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat

Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat sangat mudah karena bahan utamanya hanya coklat dan 1 sachet agar-agar bubuk. Yang terpenting dalam Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat adalah kekenyalannya. Kalau kadar airnya pas dan cara memasaknya betul tentu akan menghasilkan puding coklat yang bermutu layaknya puding yang di jual di toko-toko kue terkenal. Tapi, tahukan anda bahwa puding coklat sebenarnya adalah jenis puding yang paling banyak dicari di internet, sehingga jika anda ingin buat usaha aneka puding maka dahulukanlah jenis yang satu ini karena selain banyak dicari orang juga rasanya paling enak dari jenis lainnya.

Bahan-Bahan Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat
  1. Sediakan 3 ons atau 3 kotak coklat batangan
  2. 2,5 cangkir susu coklat atau susu putih
  3. 1/4 kanji yang terbuat dari tepung jagung
  4. Garam secukupnya atau kurang lebih 1/8 sdt
  5. Gula secukupnya atau tepatnya 1/2 cangkir atau 60 gr
  6. 2 biji telur yang hanya diambil putihnya.
  7. Vanili bubuk secukupnya.
Cara Membuat Puding Coklat Cokelat
Puding Coklat / Cokelat
Langkah-Langkah Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat
  1. Panaskan 2 gelas susu hingga
  2. Pada saat susu dalam panci sudah agak panas masukkan juga potongan coklat yang telah disediakan sebelumnya dan aduk hingga cokelatnya meleleh.
  3. Sambil menunggu susu mendidih, campur bahan lainnya dalam wadah terpisah, yaitu sisa susu yang belum dimasukkan, gula, garam, dan tepung jagung.
  4. Setelah coklat dalam susu meleleh dan tercampur baik dengan susu dalam panci, selanjutnya masukkan campuran bahan pada langkah ke 3 di atas dan aduk hingga rata. Tapi, jangan lupa kecilkan apinya untuk menghasilkan puding coklat yang bermutu. Cara mengetahui adonan puding telah masak sempurna yaitu telah medidih.
  5. Jika telah didaptkan hasil adonan puding coklat yang diinginkan, kemudian campurkan vanili sebagai pengharum atau pemberi aromanya.
  6. Tuangkan adonan puding dalam loyang atau cetakan yang sesuai dengan yang anda inginkan, seperti mangkok atau wadah berbentuk lainnya.
  7. Terakhir, diamkan dalam suhu terbuka hingga dingin betul dan untuk hasil terbaiknya sebelum dihidangkan untuk keluarga atau tamu anda.
Tips-Tips Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat
  1. Untuk mengetahui apakah puding yang sedang diaduk dalam adonan sudah matang caranya dengan melihat tampilan cairan puding yang sudah halus dan agak mengental.
  2. Setelah mengaduk adonan dan terlihat matang, maka sebaiknya diamkan lagi adonan puding coklat tersebut di atas panci yang masih menyala hingga 5 menit lamanya untuk mendapatkan adonan puding yang sempurna.
  3. Sediakan loyang yang sudah bersih dan kering serta di olehsi sedikit margarin agar mudah terlepas dari tempatnya ketika ingin dihidangkan. 
  4. Setelah puding cokelat dingin sebaiknya masukkan lagi ke lemari es selaman kurang lebih 2 jam agar didaptkan puding yang kenyal dan segar dikunyah dalam mulut.
Pembuatan Topping atau Hiasan Puding Coklat / Cokelat

Untuk tampilan menarik dan agar rasa pudingnya tidak telalu standar sebaiknya dibuatkan topping atau hiasan khusus di atasnya, berikut cara bikinnya :
  1. Tepung terigu yang telah diayak 1/2 sdm
  2. Santan atau susu 1 cangkir
  3. Garam sebagai perasa kurang lebih 1/4 sdt teh
  4. Gula kurang lebih 1 sdm
Cara Membuat Topping Puding Coklat adalah cukup dengan campurkan semua bahan seperti terigu, susu atau santan, garam dan gula dalam wadah kecil kemudian masak diatas api kecil hingga mendidih dan mengental dengan sendirinya. Jika telah jadi tuangkan di atas puding coklat secukupnya

Untuk tampilan yang lebih menarik lagi, jangan lupa tambahkan pula taburan coklat parut atau ceres atau bisa juga gula halus sehingga tampilannya semakin cantik dan semakin menggoda untuk disantap.

Demikianlah artikel seputar Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat yang bisa kami sajikan buat anda, semoga membantu dalam memulai usaha aneka pudingnya atau mungkin hanya sekedar untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta.

Baca juga Aneka Puding di bawah:
  1. Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat
  2. Cara Membuat Puding Karamel / Caramel
  3. Cara Membuat Puding Buah
  4. Cara Membuat Puding Susu
  5. Cara Membuat Puding Cake 
  6. Cara Membuat Pizza Domino Jakarta 
  7. Cara Membuat Pizza Mini 
  8. Cara Membuat Pizza Persis Pizza Hut 
  9. Cara membuat Anak Perempuan
Baca juga :
  1. Cara Membuat Donat Mengembang dan Empuk
  2. Cara Membuat Donat Berlubang Sempurna dan Rata
  3. Cara Membuat Donat Kentang dan Rahasianya
  4. Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis!
  5. Cara Membuat Masakan Tahu Tempe Warteg
  6. Cara Membuat Tempe Mendoan Gorengan
  7. Cara Membuat Kripik Tempe Kriuk-Kriuk
  8. Cara Membuat Tempe Bacem Ala Restoran

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar