Rabu, 27 Februari 2013

Cara Membuat Nugget Udang Kaya Protein

Cara Membuat Nugget Udang Kaya Protein banyak dicari karena sangat baik untuk kesehatan. Apalagi bila Nugget udang diperuntukkan untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan sangat membantu sebagai nutrisi otaknya karena nugget udang banyak mengandung protein di dalamnya. Cara Membuat Nugget Udang tentulah bahan bakunya harus udang segar yang belum bermalam dan dagingnya masih tampak bening agar tidak mempengaruhi rasa dan aroma nuggetnya. Selain pencampuran bahan-bahan, proses memasaknya juga harus diperhatikan untuk mencapaiaroma dan tekstur yang maksimal.

Bahan Resep Cara Membuat Nugget Udang 
Cara Membuat Nugget Udang Kaya Protein
Bikin Nugget Udang
  • 30 gram tepung sagu kering yang telah diayak
  • 250 gram udang laut dikupas dan digiling 
  • 2 btr telur ayam dikocok untuk campuran nugget
  • 30 ml air es
  • 1/2 sdt garam dapur
  • 1 butir telur khusus untuk celupan nugget sebelum digoreng
  • merica bubuk secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sdt daun ketumbar cincang (kalau ada)
  • 2 siung bawang putih
  • minyak goreng
  • tepung roti / panir kasar untuk pelapis 
Proses Cara Membuat Nugget Udang 

  1. Siapkan wadah untuk mencampur dan mengaduk semua bahan. Kemudian masukkan semua bahan (air es, udang giling, tepung sagu, gula pasir, garam, bawang, merica, dan telur. Dan jangan lupa tambahkan cincangan daun ketumbar sebagai aromanya
  2. Setelah semua tercampur, masukkan dalam loyang tipis yang telah diolesi minyak dan alas plastik atau kertas roti.
  3. Kukus kurang lebih setengah jam lamanya dengan api sedang hingga matang. 
  4. Setelah matang, angkat nugget dan diamkan di ruang terbuka sampai dingin betul. Kemudian potong persegi sesuai selera.
  5. Masukkan potongan nugget udang dalam kocokan putih telur hingga sempurna kemudian balutdengan tepung roti dengan cara ditekan-tekan agar tepung rotinya melekat dengan baik.
  6. Terakhir tinggal celupkan sekali lagi dalam telur kemudian goreng dengan api kecil untuk menghindari tepung roti cepat gosong dan tunggu hingga berwarna keemasan.
  7. Bila ingin disimpan dalam lemari es, maka nugget udang tidak perlu dicelup dalam kocokan telur 2 kali, cukup sekali saja lalu masukkan dalam pengeras atau freezer hingga keras dan keluarkan kemudian masukkan dalam plastik, tutup rapat dan simpan kembali dalam lemari es (bukan di freezer lagi).

Demikian Cara Membuat Nugget Udang Kaya Protein kali ini. Sebaiknya ikuti dengan betul proses membuatnya agar hasil dari bikin nuget anda sempurna dan layak dihidangkan untuk keluarga tercinta. Tapi, bila nugget yang dibuat untuk usaha atau dijual maka sebaiknya perhitungkan harga buatnya, mulai pada saat pembelian barang dan pada saat proses pemasakan.

Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Chicken Nugget
  2. Cara Membuat Nugget Sayuran
  3. Cara Membuat Nugget Fiesta / Champ
  4. Cara Membuat Nugget Ikan
  5. Cara Membuat Nugget Salmon
  6. Cara Membuat Nugget Udang
  7. Cara Membuat Nugget Tahu
  8. Aneka Cara Membuat Nugget dan Sejarahnya
  9. Cara Membuat Bakso
  10. Cara Membuat Pizza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar