Kamis, 21 Maret 2013

Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu)

Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu) hampir tidak jauh berbeda dengan cara membuat cake lainnay hanya saja pada pproses dan langkah-langkahnya ada sedikit perbedaan. Untuk Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu) kali ini disajikan dalam bentuk sederhana tapi hasilnya tetap lembut dan enak layaknya di toko kue pada umumnya.

Kue Bolu atau cake dalam bahasa Inggris-nya adalah kue dengan berbahan dasar tepung terigu, telur dan gula. Kue bolu atau cake pada umumnya dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven dengan suhu tertentu tergantung jenisnya, walaupun ada juga bolu yang disebut dengan bolu kukus yagn dimasak dengan cara dikukus dengan dandang, seperti brownies kukus. Cake yang digarnish dengan lapisan dari cream butter, fondant, atau marzipan dinamakan kue tart atau umumnya orang memanggilnya dengan sebutan kue ulang tahun.

Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu)
Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu)
Resep Bahan Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu)
  • 100 gr tepung terigu yang telah diayak
  • 3 bagian putih telur ayam
  • 6 butir kuning telur ayam
  • 1/2 sdt backing powder
  • 175 gr gula pasir kasar
  • 80 gr margarin yang dilelehkan
  • 20 gr coklat kiloan
Bahan Vla dalam Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu)
  • tepung maizena 60 gr
  • susu cair 450 ml
  • rhum secukupnya
  • gula pasir putih 100 gr
  • krim kental 50 ml
  • garam 1/2 sendok teh
  • kuning telur 2 butir
Proses Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu)
  1. Letakkan terlebih dahulu oven di atas kompor untuk dipanaskan sebelum digunakan dengan suhu kurang lebih 175 derajat, siapkan loyang sesuai selera, oleskan dengan margarine di semua sisinya, dan taburi sedikit tepung terigu disemua sisinya.
  2. Membuat adonan kue bolu: kocok telur dengan gula pasir sampai lembut dan berwarna agak pucat. Tambahkan tepung terigu yang telah diayak, dan juga coklat bubuk dan baking powder, campur hingga rata lalu tambahkan margarine yang telah lumer, aduk rata lagi lalu masukkan kedalam loyang yang telah diolesi margarin dan tepung.
  3. Panggang dalam oven kurang lebih selama 30 menit dengan suhu seperti pada saat pemanasan hingga matang, kemudian diangkat dan biarkan di ruang terbuka.
  4. Setelah itu tunggu hingga dingin dan potong menjadi 2 bagian secara mendatar.
  5. Cara Membuat Flaa : ambil sedikit susu cair untuk melarutkan maizena lalu tambahkan kuning telur sesuai porsinya dan aduk hingga rata. Sisa susu cair tadi aduk bersama dengan krim kental, gula pasir serta garam dan campur rata lagi. Kemuadian terakhir masukkan larutan maizena, aduk hingga  rata, dan didihkan. setelah adonan vlaa agak mengental, angkat.
  6. Tinggal menyatukan dua potongan kue bolu tadi dengan memberi Vlaa di antaranya atau bisa juga dengan slai nanas atau pepaya.
  7. Selanjutnya tinggal taburi coklat bubuk sebagai pemanisnya. Dan siap dihidangkan.
Demikian Cara Membuat Bolu Cake (Kue Bolu) kali ini, untuk hasil bikin yang lebih lembut dan garing kuncinya pada bahan baking powder dan mentega ditambahkan sedikit agak banyak. Selain itu, improvisasi dalam pembuatannya juga sangat menentukan apakah rasanya akan lebih enak atau malah akan semakin buruk dari resep yang disajikan di atas. Intinya, terus mencoba dan praktek hingga ditemukan rasa yang pas untuk orang banyak. 
Baca juga cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Cake Sederhana n Lembut
  2. Cara Membuat Kue Cake Coklat
  3. Cara Membuat Cake Keju
  4. Cara Membuat Cake Ulang Tahun
  5. Cara  Membuat Bolu Cake (Kue Bolu) 
  6. Cara Membuat Rainbow Cake (Kue Pelangi) 
  7. Cara Membuat Cake Tape (Bolu Tape) 
  8. Cara Membuat Cake Pandan - Kue Sponge 
  9. Cara Membuat Cake Brownies Kukus / Panggang
  10. Cara Membuat Cake Pisang (Bolu Pisang) 
  11. Cara Membuat Cake Kukus (Cup Cake)
Baca juga Aneka Puding di bawah:
  1. Cara Membuat Puding Coklat / Cokelat
  2. Cara Membuat Puding Karamel / Caramel
  3. Cara Membuat Puding Buah
  4. Cara Membuat Puding Susu
  5. Cara Membuat Puding Cake 
  6. Cara membuat Anak Perempuan
  7. Cara Membuat BMT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar