Selasa, 05 Maret 2013

Cara Membuat Website Gratis (Dot Com / .com)

Cara Membuat Website Gratis (Dot Com / .com) hampir banyak yang tidak tahu caranya. Padahal langkah-langkahnya cukup mudah dan bahkan anak kecil pun saya kira mampu melakukannya. Yang terpenting dalam Cara Membuat Website Gratis (Dot Com / .com) ini adalah mengerti alurnya. Mulai dari cara memperoleh domainnya, cara setting blogspot jadi dot com secara gratis, sampai bagaimana cara agar website dot com kita bisa online tanpa membeli space atau hosting berbayar. Berikut adalah cara-caranya :

1.  Ketahui cara menggunakan blog dengan platform blogspot atau blogger. Bagaimana memposting artikel, menambah kategori dan sebagainya harus anda ketahui sebelum tahu bagaimana cara merubahnya jadi dot com. Saya kira untuk cara ini silahkan cari sendiri di internet. Atau baca di artikel Cara Membuat Blog Blogspot

Cara Membuat Website Gratis website dot com gratis
2.  Ketahui cara mengganti template atau tampilan blogmu sebelum merubahnya menjadi dot com. Cara ini sangat perlu dilakukan mengingat tampilan website dot com pada umumnya tampak lebih profesional. Karna kalau websitemu sudah dirubah jadi dot com tapi tampilannya masih seperti blogspot pada umumnya,maka orang akan menilainya seperti blog biasa dan mungkin mereka mengira tidak layak mengunjunginya. Nah berikut caranya :

Mengganti tampilan blog atau yang umumnya dikenal dengan sebutan template caranya tidak perlu dengan membuat template sendiri karna tentunya kamu harus tahu Bahasa Pemrograman, cukup dengan menggunakan template hasil buatan master blogger dan tampilan blogmu pun akan berubah dalam waktu singkat. Adapun tempat memperoleh template-template menarik bisa di kunjungi di website-website di bawah ini (Tinggal download templatenya dan kemudian upload di blogmu) :
  • btemplates.com
  • zoomtemplate.com
  • blogtemplate4u.com
  • borneotemplates.com
  • blogskins.com
Lalu bagaimana cara mengganti template blog jika sudah memperoleh atau men-download templatenya? Untuk caranya sudah banyak di tulis oleh blogger lain silahkan cari di google.

3. Setelah mengganti templatenya, maka silahkan miliki domain dot com di idwebhost.com atau rumahweb.com sebagai langkah Cara Membuat Website Gratis (Dot Com / .com). Lalu apakah harus membayar? Jawabannya iya! Tapi itu untuk tahun pertama saja, sedangkan tahun kedua dan seterusnya ini akan benar-benar gratis karena bukan lagi anda yang membayarnya, tapi ada pihak lain yang akan membayarkannya untuk anda. Salah satunya adalah Google Adsense. Tapi Google Adsense kadangkala butuh perjuangan panjang untuk dapat membayar anda. Jadi cara terbaiknya adalah dengan memasang iklan PopUp (iklan yang memunculkan tab baru) . Iklan Popup ini akan bekerja menghasilkan dollar sebanyak 0,01 dollar hingga 0,10 dollar per harinya atau kurang lebih Rp.1000 per hari. Jadi bisa anda hitung dalam sebulan berapa yang akan dihasilkan iklan tersebut dan jika dikalikan 12 bulan sudah tentu akan membayar biaya domain dot com yang harganya tidak lebih dari Rp. 100.000. Untuk itu, silahkan daftar dulu di PopUp.

4. Terakhir, melakukan setting blogspot menjadi dot com. Cara ini hanya memakan waktu kurang dari 10 menit saja. Hanya saja waktu pengaktifannya memakan waktu hingga 2 x 24 jam. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum anda memiliki website gratis anda. Berikut caranya :

1. Login alias masuk dulu ke akun blogspotmu dan pilih blog mana yang akan disetting, jika seandainya kamu punya lebih dari 1 blog.

2. Selanjutnya pada menu, pilih 'Setelan' kemudian klik 'Penerbitan'
Cara Membuat Setting Blogspot Menjadi Dot Com

3. Setelah muncul halaman baru klik 'tambahkan domain ubahsuaian' di bagian Penerbitan

Cara Membuat Setting Blogspot Menjadi Dot Com

4. Jika halaman baru terbuka lagi langsung saja isi di kolom 'Setelan Lanjutan' dengan domain kamu yang disetting di bagian setting domain di providermu, misalnya, www.namadomainku.com

Cara Membuat Setting Blogspot Menjadi Dot Com

5. Akhiri untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol 'Simpan' atau Save.

Catatan : Jika setelah selesai sebaiknya lihat lagi hasil settingnya tapi sebelumnya di refresh dulu baru kemudian masuk lagi di bagian pengaturannya dan cari link yang tertulis 'Arahkan namadomainku.com ke www.namadomainku.com (hanya contoh domain saja). Hal ini berguna agar domain atau blog anda dapat di akses dengan dan tanpa menggunakan www di depannya.

Demikian artikel Cara Membuat Website Gratis (Dot Com / .com) kali ini, semoga anda bisa menghasilkan lebih banyak rupiah dari dot com gratisan anda. Tak ada salahnya mencoba jika anda betul-betul ingin sukses.

Baca juga bagaimana cara membuat lainnya :
  1. Cara Membuat Blog Blogspot di Blogger Terlengkap
  2. Cara Membuat Blog Jadi Menarik
  3. Cara Membuat Blog Ranking 1 Di Google
  4. 4 Cara Membuat Blogspot Jadi Dot Com. Ada 2 cara :
  1. Cara Membuat Settign Domain Dot Com Ke Blogspot
  2. Cara Membuat Setting Blogspot jadi Dot Com

1 komentar: